
Selamat Datang di Repository Perpustakaan
Politeknik Negeri Madiun
Detail Tugas Akhir
Dosen Pembimbing
Pembimbing 1
Eda Maaliah, S.S., M.PdPembimbing 2
Muhammad Isa, S.Pd., M.PdDownload File
THE STRATEGY OF PUBLIC RELATIONS DIVISION AT PT KAI DAOP 7 MADIUN IN MAINTAINING CORPORATE IMAGE
Anisa Nurul Istiqomah
213106030 / D3 Bahasa Inggris- Dipublikasikan pada 22 Oktober 2024
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi pendekatan yang dilakukan oleh divisi humas PT KAI Daop 7 Madiun dalam mempertahankan citra perusahaan di sana. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Melalui analisis yang mendalam, humas PT KAI Daop 7 Madiun telah menerapkan empat strategi pendekatan dalam meningkatkan citra perusahaan. Keempat strategi pendekatan tersebut adalah strategi operasional, pendekatan persuasif dan edukatif, dan pendekatan kerja sama. Strategi operasional dilakukan melalui berbagai kegiatan seperti sosialisasi dan monitoring berita untuk mendengar dan merespon langsung opini publik. Pendekatan persuasif dan edukatif dilakukan dengan cara menyebarkan informasi yang persuasif dan edukatif terkait kereta api kepada masyarakat, salah satunya melalui slogan #AyoNaikKereta dan melibatkan anak-anak sekolah dalam program kunjungan edukasi di stasiun. Pendekatan tanggung jawab social dilakukan melalui program kemitraan, dan program bina lingkungan. Sedangkan pendekatan kerjasama dilakukan dengan pihak internal dan eksternal seperti rekan media dan komunitas railfans. Secara keseluruhan, strategi public relations yang dilakukan sudah berjalan dengan baik meskipun masih terdapat kekurangan dalam proses implementasi kepada masyarakat Madiun.
Keywords: Strategy Humas, Citra Perusahaan, Deskriptif kualitatif