Selamat Datang di Repository Perpustakaan

Politeknik Negeri Madiun

Detail Tugas Akhir

Dosen Pembimbing

Pembimbing 1
Netty Lisdiantini, S.Sos, M.AB
Pembimbing 2
Dyah Ayu Kunthi Puspitasari, S.E., M.B.A

Download File

PENGARUH PERILAKU SHOPPING LIFESTYLE TERHADAP IMPULSIVE BUYING MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI MADIUN

Wahyu Kusuma Dwi Palupi
213101089 / D3 Administrasi Bisnis

  • Dipublikasikan pada 22 Oktober 2024

Abstrak

Shopping lifestyle merupakan perilaku seseorang atau individu dalam menggunakan dan menghabiskan waktu serta uang yang mereka miliki untuk berbelanja. Pada dasarnya perilaku gaya hidup (lifestyle) tercermin dari AIO (Activity, Interest, Opinion) yang digunakan untuk mengukur gaya hidup berbelanja (Shopping Lifestyle). Perilaku gaya hidup berbelanja (Shopping lifestyle) seseorang terkadang terjadi karena banyaknya waktu luang yang dimiliki khususnya anak muda, hal tersebut berdampak pada kecenderungan melakukan pembelian secara impulsive. Impulsive Buying merupakan bentuk tindakan konsumen dalam melakukan pembelian secara mendadak dan tidak terencana tanpa pertimbangan. Impulsive buying dapat dipengaruhi oleh beberapa indikator yaitu pembelian secara spontan, pembelian dilakukan secara terburu-buru, pembelian dipengaruhi emosi dan pembelian dilakukan tanpa memikirkan akibat. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional kuantitatif dengan menggunakan angket kuesioner yang bersisi penyataan pada google from. Dalam mencari jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dan jumlah sampel yang didapatkan adalah 97 responden. Teknik pengolahan data menggunakan SPSS 27 dan Microsoft Excel. Hasil yang diperoleh dari pengolahan data nilai variabel shopping lifestyle mampu mempengaruhi variabel impulsive buying sebesar 30,6%, serta memiliki perhitungan nilai t hitung 6,471 lebih besar dari t tabel 1,985, maka hal ini dapat disimpulkan bahwa perilaku shopping lifestyle berpengaruh pada impulsive buying. 

Kata Kunci : Shopping Lifestyle, Impulsive Buying, Perilaku