Selamat Datang di Repository Perpustakaan

Politeknik Negeri Madiun

Detail Tugas Akhir

Dosen Pembimbing

Pembimbing 1
Aminudin Azis, S.Ag., M.Si.,
Pembimbing 2
Sintaria Praptinasari S.Pd.,M.Si.,

Download File

PENGARUH FAKTOR SITUASIONAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SAMUDRA SUPERMARKET MADIUN

Yusliha Lisna Lisnanda
213101060 / D3 Administrasi Bisnis

  • Dipublikasikan pada 22 Oktober 2024

Abstrak

Periode waktu tertentu seperti awal bulan, akhir bulan, dan hari raya terjadi peningkatan pembelian oleh konsumen. Peningkatan pembelian oleh konsumen dapat dipicu oleh berbagai sebab dan situasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor situasional berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Samudra Supermarket Madiun. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dan jenis penelitian explanatory. Instrumen pengumpulan data yang digunakan, yaitu kuesioner, menggunakan teknik sampling accidental sampling. Jumlah sampel 96 responden dengan kriteria konsumen yang sedang berada atau sudah pernah berkunjung dan melakukan pembelian di Samudra Supermarket. Pengujian yang dilakukan adalah uji validitas, uji reliabilitas, dan uji normalitas. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi sederhana, koefisien korelasi, dan koefisien determinasi, serta pengujian hipotesis menggunakan uji t. Dengan menggunakan Excel 2019 dan SPSS 27 sebagai alat uji. Setelah melakukan pengujian terhadap 96 responden didapatkan hasil perhitungan uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,001 dan nilai t hitung sebesar 12,723. Dalam penelitian ini juga didapatkan persamaan regresi Y = 4,189 + 0,893X . Hal tersebut menunjukkan bahwa faktor situasional berpengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian di Samudra Supermarket Madiun. 

Kata Kunci: perilaku konsumen, keputusan pembelian, faktor situasional