Selamat Datang di Repository Perpustakaan

Politeknik Negeri Madiun

Detail Tugas Akhir

Dosen Pembimbing

Pembimbing 1
Subiyantoro, S.Sos., M.Si.
Pembimbing 2
Dinesh Basti Farani, S.Pd., M.M

Download File

PROSES KOMUNIKASI PERIKLANAN CV COKRO BERSATU MADIUN DALAM MENINGKATKAN PERSEPSI KONSUMEN

Zakiyyah Diaz Rahi Hamsah Putri
20310111 / D3 Administrasi Bisnis

  • Dipublikasikan pada 22 Oktober 2024

Abstrak

Periklanan sering digunakan sebagai media promosi produk yang dapat menjangkau banyak target secara cepat dan mudah. Dalam dunia bisnis periklanan sangat penting dilakukan karena dapat mengubah persepsi konsumen mengenai produk yang dipasarkan dan pada umumnya berimplikasi terhadap angka penjualan. Artinya bahwa meningkatnya penjualan akan berdampak pada keuntungan, eksistensi, dan berkembangnya sebuah bisnis yang dijalankan perusahaan. Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses komunikasi periklanan CV Cokro Bersatu Madiun (Bluder Cokro) dalam meningkatkan persepsi konsumen. Penelitian dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh di lapangan menunjukkan bahwa komunikasi periklanan yang dilakukan oleh Bluder Cokro dalam prosesnya dapat dilakukan dengan baik. Hal ini ditunjukkan dari enam sisi, yakni: simple, unexpected, persuasive, entertaining, relevant, dan acceptable. Dari sisi simple, iklan cukup komunikatif dan mudah dipahami oleh konsumen. Kemudian dari sisi unexpected, iklan yang ada termasuk unik, mampu menarik perhatian konsumen. Lalu dari sisi persuasive, iklan mampu menggerakkan konsumen untuk membeli. Demikian pula dari sisi entertaining dan relevant, disamping dapat menghibur, iklan juga relevant dengan brand yang dimiliki. Terakhir, dari sisi acceptable, iklan yang dibuat Bluder Cokro dapat diterima oleh masyarakat serta tidak bertentangan dengan nilai budaya setempat. 

Kata kunci : periklanan, persepsi konsumen, angka penjualan