Selamat Datang di Repository Perpustakaan

Politeknik Negeri Madiun

Detail Tugas Akhir

Dosen Pembimbing

Pembimbing 1
Lutfiyah Dwi Setia, S.Kom., M.Kom
Pembimbing 2
Sigit Kariagil Bimonugroho, S.Kom., M.T.

Download File

RANCANG BANGUN GAME EDUKASI UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (TUNAGRAHITA RINGAN) MENGGUNAKAN METODE CAI (COMPUTER ASSISTEND INSTRUCTION)

NOVENIA DEYASAVAROH
203307014 / D3 Teknologi Informasi

  • Dipublikasikan pada 18 Oktober 2024

Abstrak

Siswa penyandang tunagrahita pada pembelajaran matematika lebih sulit mengenali dan memahami tentang materi aritmatika. Siswa penyandang tunagrahita biasanya lebih tertarik dengan media pembelajaran berupa audio visual karena mereka lebih antusias dan menikmati proses pembelajaran. Penelitian ini merancang dan membangun media pembelajaran berupa game edukasi “Belajar dan Bermain ” untuk anak tunagrahita ringan, dengan menggunakan metode GDLC (Game Development Life Cycle) yang mana metode ini berfokuskan untuk pembangunan game. Pembelajaran berbantuan komputer (Computer Assisted Instruction) yang biasa disingkat dengan CAI merupakan suatu sistem pembelajaran dan pengajaran yang menggunakan perangkat komputer sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar. Game ini dirancang untuk memudahkan para guru untuk menyampaikan materi kepada para siswasiswi SLB yang berkebutuhan khusus. Pada game ini diharapkan siswa dapat mengenali dan memahami tentang angka melalui game belajar dan bermain. Di dalam game tersebut terdapat fitur-fitur yang mendukung seperti icon yang menarik warna yang interaktif dan audio yang menarik. Hasilnya merupakan sebuah game pembelajaran aritmatika. Hasil dari perancangan ini menghasilkan media pembelajaran yang didalamnya terdapat kuis aritmatika yang terdapat pada bagian belajar dan terdapat beberapa level di dalam pengurangan dan penjumlahan. Hasil pengujian skala likert menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari semua aspek adalah 81,32%, yang menunjukkan bahwa responden merasa sangat puas dan tertarik dengan aplikasi media pembelajaran ini. Pengujian black box dilakukan dengan melakukan pengematan langsung terhadap aplikasi media pembelajaran yang dijalankan pada perangkat computer/laptop. Hasil pengujian blackbox adalah Hampir seluruh menu pada aplikasi dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan fungsinya. Berdasarkan hasil implementasi dan pengujian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa aplikasi media pembelajaran ini berhasil dibuat dan memiliki tingkat keberhasilan yang cukup berhasil, baik dari segi fungsionalitas maupun kualitas. 

Kata Kunci : Game edukasi, Materi Aritmatika, Anak Tunagrahita Ringan, Metode GDLC, Algoritma Finite State Machine, CAI(Computer Assisted Instruction)