
Selamat Datang di Repository Perpustakaan
Politeknik Negeri Madiun
Detail Tugas Akhir
Dosen Pembimbing
Pembimbing 1
Yulius Harry Widodo, M.Hum.Pembimbing 2
Dian Palupi, S.Pd, M.Pd.Download File
IDENTIFYING COMMUNICATION BARRIERS AT TOURIST INFORMATION CENTRE (TIC) YOGYAKARTA
Athaya Zhafiralianty Aushaf
213106059 / D3 Bahasa Inggris- Dipublikasikan pada 22 Oktober 2024
Abstrak
Dalam proses komunikasi, pasti terdapat beberapa hambatan yang akan menghambat jalannya komunikasi. Menurut teori Rani (2016:75) terjadinya hambatan komunikasi dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yang melatarbelakangi seperti hambatan sikap, hambatan perilaku, hambatan budaya, hambatan bahasa, dan hambatan lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hambatan komunikasi yang terjadi antara staf dan pengunjung, khususnya wisatawan mancanegara yang berkunjung dan untuk mengetahui implementasi solusi dari permasalahan tersebut di TIC Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil observasi, wawancara langsung, dan pengambilan dokumentasi, penulis dapat mengidentifikasi bahwa staf TIC Yogyakarta mengalami dan menemukan empat dari lima hambatan yaitu hambatan sikap, hambatan perilaku, hambatan bahasa, dan hambatan lingkungan, sedangkan untuk hambatan budaya penulis tidak menemukan hambatan. Di sisi lain, penulis juga mengidentifikasi solusi yang disiapkan oleh staf TIC Yogyakarta dalam menangani hambatan komunikasi tersebut seperti menampilkan kesan yang baik, menekankan kesabaran, mengelola emosi, mengoptimalkan teknologi komunikasi yang mendukung, memilih media komunikasi yang sesuai, menggunakan bahasa yang tepat, dan mempertahankan informasi pariwisata yang dapat dipercaya.
Kata Kunci: Komunikasi, Hambatan, Hambatan Komunikasi, TIC, Deskriptif Kualitatif