Selamat Datang di Repository Perpustakaan

Politeknik Negeri Madiun

Detail Tugas Akhir

Dosen Pembimbing

Pembimbing 1
Ita Permatasari, S.Pd., M.Pd.
Pembimbing 2
Rizka Maulina Wulandari, S.Pd., M.Pd.

Download File

IMPLEMENTATION OF 6AASPECT OF EXCELLENT SERVICE AT FRONT OFFICE DIVISION OF ASTON MADIUN HOTEL AND CONFERENCE CENTER

Azhiel Deva Dirgantara
213106008 / D3 Bahasa Inggris

  • Dipublikasikan pada 22 Oktober 2024

Abstrak

Aston Madiun Hotel and Conference Center merupakan satu-satunya hotel bintang empat di Kota Madiun yang menawarkan berbagai macam produk dan layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Aston Madiun Hotel and Conference Center menyediakan divisi front office untuk melayani kebutuhan tamu. Laporan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui implementasi 6A aspek pelayanan prima di front office divisi Aston Madiun Hotel and Conference Center. Berdasarkan teori 6A, aspek pelayanan prima yaitu, kemampuan (ability), sikap (attitude), penampilan (appearance), perhatian (attention), tindakan (action), dan tanggung jawab (accountability). Selanjutnya, metode deskriptif-kualitatif digunakan di dalam laporan tugas akhir, dan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis penelitian, penerapan 6A aspek pelayanan prima di front office Aston Madiun Hotel and Conference Center sudah berjalan dengan baik. Kemampuan front office dalam membantu pelanggan dalam proses check-in dan check-out, menangani komplain dan permintaan sudah diterapkan dengan sangat bagus. Selain itu, front office di Aston Madiun Hotel and Conference Center selalu senyum dan ramah saat menyambut pelanggan. Divisi front office di Aston Madiun Hotel and Conference Center selalu peka dan aktif kepada pelanggan dan juga bertanggung jawab dalam keamanan data pribadi dan barang bawaan milik pelanggan, sehingga pelanggan merasa nyaman dan aman.

 Kata kunci: Aston Madiun Hotel and Conference Center, Pelayanan Prima, Kantor Depan.