Selamat Datang di Repository Perpustakaan

Politeknik Negeri Madiun

Detail Tugas Akhir

Dosen Pembimbing

Pembimbing 1
Vaisal Amir, S.E., M.S.A.
Pembimbing 2
Ardila Prihadyatama, S.E., M.E.

Download File

ANALISIS BIAYA PEMASARAN DAN PROFITABILITAS BERDASARKAN JENIS PRODUK UNTUK MENENTUKAN HARGA JUAL PADA UMKM GEPLAK TAPE BU AYING SURYA PELANGI DI KABUPATEN NGAWI

Septina Risky Aisha
193209036 / D3 Akuntansi

  • Dipublikasikan pada 22 Oktober 2024

Abstrak

UMKM memiliki kemampuan sebagai penyedia barang dan jasa bagi konsumen serta difungsikan sebagai media penyedia tenaga kerja yaitu 97% dari daya serap dunia usaha. Namun banyak UMKM yang masih kurang memperhatikan faktor pemasarannya. Hal ini menyebabkan profitabilitas yang diperoleh perusahaan kurang efektif, karena biaya yang tidak terkendali. Maka dari itu, perlu dilakukan analisis mengenai biaya pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mengumpulkan, mengolah, menganalisis data tentang pelaksanaan biaya pemasaran. Penelitian ini juga menganalisis atau memperhitungkan profitabilitas produk untuk mengetahui produk mana yang mendapatkan laba paling tinggi dan harus dikembangkan. Objek dari penelitian ini adalah UMKM Geplak Tape Bu Aying Surya pelangi, yang bergerak pada bidang makanan. Produk yang dihasilkan yaitu geplak nanas, geplak tape ketan, geplak tape singkong. Penelitian ini menggunakan sumber data primer yang terdiri dari hasil wawancara serta sumber data sekunder yang berupa data penjualan produk dan data lainnya yang berkaitan. Jenis data pada penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan datanya terdiri dari observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meningkatnya biaya pemasaran tidak diimbangi dengan meningkatnya laba setelah biaya pemasaran pada tahun 2019. UMKM Geplak Bu Aying belum menerapkan perhitungan sesuai dengan standar. 

Kata Kunci : Analisis Biaya Pemasaran, Profitabilitas, Laba.