Selamat Datang di Repository Perpustakaan

Politeknik Negeri Madiun

Detail Tugas Akhir

Dosen Pembimbing

Pembimbing 1
Eda Maaliah, S.Pd., M.Pd.
Pembimbing 2
A’thi Fauzani Wisudawati, S.Pd., M.Pd.

Download File

THE IMPLEMENTATION OF SAPTA PESONA AS SERVICE QUALITY AT MOJOSEMI FOREST PARK

Della Aprilia Andini
213106062 / D3 Bahasa Inggris

  • Dipublikasikan pada 23 Oktober 2024

Abstrak

Peningkatan kualitas pelayanan menjadi faktor penting dalam menciptakan pengalaman positif bagi pengunjung di destinasi wisata. Sapta Pesona merupakan kerangka yang dapat diimplementasikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, mencakup aspek visual hingga emosional seperti keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keindahan, keramahan, dan kenangan. Laporan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Sapta Pesona sebagai indikator kualitas pelayanan di Mojosemi Forest Park serta mengidentifikasi faktor-faktor penghambat dalam penerapannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dengan Direktur Mojosemi Forest Park, dan dokumentasi yang relevan dengan topik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mojosemi Forest Park telah berhasil menerapkan Sapta Pesona dengan baik pada aspek ketertiban, kesejukan, keindahan, keramahan, dan kenangan. Namun, masih diperlukan peningkatan pada aspek keamanan dan kebersihan. Pengelola menghadapi hambatan internal terkait peraturan dan keterbatasan pengembangan aspek keindahan yang hanya mencakup 10% dari total area. Hambatan eksternal meliputi keamanan berupa kondisi tempat wisata yang terbuka, ketertiban berupa kurangnya disiplin pengunjung dalam mengantri, kebersihan berupa rendahnya kesadaran pengunjung akan kebersihan, dan keramahan berupa perbedaan karakteristik pengunjung. 

Kata Kunci: Sapta Pesona, Kualitas Pelayanan, Pengelolaan Pariwisata, Mojosemi Forest Park