Selamat Datang di Repository Perpustakaan

Politeknik Negeri Madiun

Detail Tugas Akhir

Dosen Pembimbing

Pembimbing 1
Mrs. Eda Maaliah
Pembimbing 2
Mrs. Dian Palupi

Download File

THE IMPLEMENTATION OF 6A’S EXCELLENT SERVICE OF CUSTOMER SERVICE OFFICER AT YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT

Rizal Sepriansyah
213106049 / D3 Bahasa Inggris

  • Dipublikasikan pada 23 Oktober 2024

Abstrak

Pelayanan prima merupakan suatu kegiatan yang ditujukan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. PT Angkasa Pura I sebagai salah satu perusahaan yang menyediakan jasa penerbangan tentunya sering dikunjungi oleh banyak orang untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Dengan demikian, sangat penting bagi PT Angakasa Pura I untuk memiliki customer service yang prima untuk menyajikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pelayanan prima 6A petugas customer service di Bandara Internasional Yogyakarta. Penelitian ini mengacu pada konsep pelayanan prima menurut Barata dalam Rusyidi yaitu aspek 6A dalam pelayanan prima yang meliputi Ability (Kemampuan), Attitude (Sikap), Appearance (Penampilan), Attention (Perhatian), Action (Tindakan), dan Accountability (Akuntabilitas). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selama proses analisis, penulis menemukan bahwa petugas layanan pelanggan di Bandara Internasional Yogyakarta telah sepenuhnya menerapkan aspek 6A dalam pelayanan prima, yaitu Ability (Kemampuan), Attitude (Sikap), Appearance (Penampilan), Attention (Perhatian), Action (Tindakan), dan Accountability (Akuntabilitas). Dari data yang sudah diperoleh, penulis telah menganalisisnya secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif. Berdasarkan data yang terkumpul, dapat dikatakan bahwa pelayanan di Bandara Internasional Yogyakarta telah sesuai dengan konsep aspek pelayanan prima 6A. 

Kata kunci: Pelayanan Prima, Customer service, PT Angkasa Pura I Yogyakarta International Airport, Deskriptif kualitatif