
Selamat Datang di Repository Perpustakaan
Politeknik Negeri Madiun
Detail Tugas Akhir
Dosen Pembimbing
Pembimbing 1
Tri Lestariningsih, S.Kom., M.Kom.Pembimbing 2
Mochamat Bayu Aji, M.Kom.Download File
MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN BINATANG UNTUK ANAK USIA DINI BERBASIS GAME
Revian Anggi Vinditya Arfarani
203307030 / D3 Teknologi Informasi- Dipublikasikan pada 18 Oktober 2024
Abstrak
Kegiatan pembelajaran kognitif melalui pengenalan binatang untuk Anak Usia Dini (AUD) memiliki peran yang sangat penting dalam mengembangkan seluruh potensi anak. Salah satunya potensi kecerdasan anak. Anak Usia Dini (AUD) merupakan tahap yang cukup bagus untuk melatih otak dari seorang anak, dimana mereka akan lebih tertarik dan aktif ketika melihat sebuah permainan atau semacamnya yang mengandung banyak unsur warna cerah, suara - suara serta gambar animasi yang menarik perhatian. Melihat hal tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh guru dalam menyampaikan sebuah materi pembelajaran dengan efektif sehingga kemampuan dari anak khususnya pada kognitif anak akan meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Dengan adanya media pembelajaran pengenalan hewan berbasis game akan menjadi suatu hal yang menarik bagi anak usia dini yaitu Taman Kanak-kanak, serta guru ketika melakukan interaksi dan pembelajaran yang kondusif. Media pembelajaran ini berisikan beberapa poin pembelajaran serta game yang melatih kemampuan kognitif anak, adanya menu belajar untuk mengenal nama hewan dan suaranya, kemudian game menyusun kata dan menebak gambar ilustrasi hewan, serta dukungan video bernyanyi tentang hewan yang diberikan oleh guru kepada anak-anak. Perancangan media pembelajaran ini berbasis android dan dibangun menggunakan construct, pembangunan media pembelajaran pengenalan binatang ini menggunakan metode Luther Sutopo, diharapkan dengan adanya media pembelajaran pengenalan hewan ini membantu para guru dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada anak-anak berjalan secara interaktif dan efektif dan untuk anak-anak bisa lebih semangat dalam mendapatkan hal-hal baru yang menarik bagi mereka untuk pelajari dan perhatikan.
Kata kunci : pengenalan binatang, aud, media pembelajaran, construct, kognitif, game