
Selamat Datang di Repository Perpustakaan
Politeknik Negeri Madiun
Detail Tugas Akhir
Dosen Pembimbing
Pembimbing 1
Prasetyo Yekti Utomo, S.E., M.M.,Pembimbing 2
Ina Syarifah, S.Sos., M.AB.,Download File
IMPLEMENTASI STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM MEMPERKENALKAN E-INOBUS DI BAGIAN HUMAS DAN PROTOKOLER PT INDUSTRI KERETA API (PERSERO)
Aprinda Tiara Sari
203101080 / D3 Administrasi Bisnis- Dipublikasikan pada 18 Oktober 2024
Abstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan implementasi strategi marketing public relations dalam memperkenalkan E-Inobus di Bagian Humas dan Protokoler PT Industri Kereta Api (Persero). Berdasarkan tujuan penelitian tersebut, maka metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui hasil wawancara sebagai sumber data primer dan dokumentasi sebagai sumber data sekunder. Wawancara dan dokumentasi dilakukan pada Bagian Humas dan Protokoler PT Industri Kereta Api (Persero) dengan jumlah informan dalam wawancara adalah sebanyak lima orang yaitu satu manajer dan empat staf Bagian Humas dan Protokoler. Penyelesaian penelitian ini dengan melakukan paparan data dari hasil pengumpulan data yang berpedoman pada strategi marketing public relations menurut Ruslan (dalam Aryani dan Fatmawati, 2021). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa, Bagian Humas dan Protokoler menggunakan Pull Strategy dengan menggencarkan penggunaan media online dan upaya offline, memaksimalkan pembuatan dan penyampaian iklan serta konten yang berkualitas. Sedangkan penggunaan Search Engine Optimization (SEO) belum dilakukan. Push Strategy dilakukan dengan publikasi dan pendekatan secara khusus, sedangkan digital marketing kurang diketahui dan layanan iklan pay-per-click tidak diusahakan dikarenakan pemasaran e-inobus dilakukan oleh anak cucu perusahaan. Pass Strategy dilakukan dengan membuat konten informatif didukung dengan adanya opinion leader, penggunaan campaign, memanfaatkan media online dan offline, keikutsertaan dalam kegiatan sponsor dan kemasyarakatan. Sedangkan program CSR menjadi bagian tersendiri diluar Bagian Humas dan Protokoler.
Kata kunci: strategi, marketing public relations, e-inobus