
Selamat Datang di Repository Perpustakaan
Politeknik Negeri Madiun
Detail Tugas Akhir
Dosen Pembimbing
Pembimbing 1
Drs. Yulius Harry Widodo, M.Hum.Pembimbing 2
Moh. Farid Maftuh, S.Pd., M.Pd.Download File
THE EFFECTIVENESS OF INTERPERSONAL COMMUNICATION AND ITS BARRIERS OF 112 CALL CENTER AGENTS
Elin Fachriza Indriyana
213106038 / D3 Bahasa Inggris- Dipublikasikan pada 23 Oktober 2024
Abstrak
Laporan ini bertujuan untuk mengetauhi hambatan komunikasi dan implementasi efektivitas komunikasi interpersonal oleh call center agents di Layanan Call Center 112 Kota Madiun. Penulis menggunakan teori Cangara di Dewanti untuk menemukan hambatan komunikasi dan teori Hardjana di Meliana untuk mengetauhi implementasi efektivitas komunikasi interpersonal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan gambaran fakta yang terjadi di lapangan. Penulis menemukan tujuh jenis hambatan yang terjadi di 112 Call Center Service yaitu hambatan teknis, semantik, psikologis, fisik, frame-of-mind, cultural dan bureaucratic. Call center agents juga menerapkan efektivitas komunikasi interpersonal yaitu dengan mengimplementasikan opennes, empathy, support, positive attitude dan equality untuk menjaga komunikasi dengan penelfon tetap berjalan lancar.
Kata Kunci: Hambatan Komunikasi, Efektifitas komunikasi interpersonal, Call Center, Agen Call Center