
Selamat Datang di Repository Perpustakaan
Politeknik Negeri Madiun
Detail Tugas Akhir
Dosen Pembimbing
Pembimbing 1
Eda Maaliah, S.Pd., M.Pd.Pembimbing 2
Rizka Maulina Wulandari, S.Pd., M.Pd.Download File
THE IMPLEMENTATION OF 4P TOURISM MARKETING MIX AT NUSANTARA EDUPARK MADIUN
Delvina Ega Natasha
213106063 / D3 Bahasa Inggris- Dipublikasikan pada 23 Oktober 2024
Abstrak
Nusantara Edupark merupakan salah satu wisata unggulan di Madiun yang memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap pendapatan usaha pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi elemen bauran pemasaran (4P: product, price, place, dan promotion) dalam pariwisata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengidentifikasi masalah dan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan pihak-pihak terkait di Nusantara Edupark. Wawancara dilakukan dengan manajer pemasaran dan staf pemasaran Nusantara Edupark dengan menggunakan lembar wawancara. Telah dilakukan observasi terhadap rangkaian bauran pemasaran pariwisata 4P di Nusantara Edupark Madiun pada bulan April hingga Juni 2024. Hasil dari penelitian ini adalah Nusantara Edupark telah berhasil menerapkan strategi 4P, mulai dari produk yang ditawarkan, harga yang sesuai dengan target pasar, tempat yang mudah dijangkau, dan promosi yang dilakukan oleh pihak manajemen pemasaran juga tidak hanya berfokus pada media sosial tetapi kunjungan langsung. Nusantara Edupark terus melakukan pengembangan dari segi product, price, place, dan promotion untuk menarik minat pengunjung. Keamanan dan kebersihan juga terus ditingkatkan oleh Nusantara Edupark, serta semua umur dapat menikmati wahana yang ada.
Kata kunci: 4P, Bauran Pemasaran, Manajemen Pariwisata, Nusantara Edupark