
Selamat Datang di Repository Perpustakaan
Politeknik Negeri Madiun
Detail Tugas Akhir
Dosen Pembimbing
Pembimbing 1
Drs. Yulius Harry Widodo, M.Hum.Pembimbing 2
Muhyiddin Aziz, S.S., M.Pd.Download File
THE IMPLEMENTATION OF MARKETING PUBLIC RELATION AT SEA COFFEE MADIUN
Hanifah Inasita Larasati
213106015 / D3 Bahasa Inggris- Dipublikasikan pada 23 Oktober 2024
Abstrak
Kegiatan untuk mendirikan usaha semakin marak di Indonesia. Salah satu alternatif usaha adalah di sektor makanan dan minuman. Sektor makanan dan minuman harus merancang strategi pemasaran hubungan masyarakat yang tepat untuk mencapai tujuan perusahaan. Pemasaran hubungan masyarakat bertujuan untuk membangun kesadaran, meningkatkan kredibilitas, mendorong tenaga penjualan, dan mengurangi biaya promosi. Sea Coffee, sebuah perusahaan di sektor makanan dan minuman yang didirikan pada tahun 2020, adalah perusahaan yang sedang berkembang. Untuk memahami pelaksanaan pemasaran hubungan masyarakat di Sea Coffee, penulis mewawancarai pemiliknya menggunakan teknik semi-terstruktur dan melakukan observasi dengan menggunakan strategi pull, push, dan pass. Penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif (QD) untuk memperoleh data dari Sea Coffee. dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk pengumpulan data. Sea Coffee menerapkan strategi pull melalui publikasi, berkolaborasi untuk mengembangkan ide, dan mempromosikan produk selama perayaan tertentu seperti Ramadan. Mereka juga melakukan survei pelanggan. Strategi push melibatkan penyelenggaraan acara menarik, seperti pameran dan presentasi karya anak muda di Madiun, serta merencanakan cabang baru di depan SMA 6. Strategi pass termasuk memberikan dana sponsor dalam bentuk sound, lampu, wang, dan kadang-kadang bakat, mengorganisir acara amal yang disebut "Sewu-Sewu Ae", dan menyumbang ke panti asuhan.
Kata kunci: bisnis, makanan dan minuman, pemasaran hubungan masyarakat