Selamat Datang di Repository Perpustakaan

Politeknik Negeri Madiun

Detail Tugas Akhir

Dosen Pembimbing

Pembimbing 1
Muhyiddin Aziz,S.S., M.Pd.
Pembimbing 2
Dian Palupi, S.Pd., M.Pd.

Download File

PERSUASIVE COMMUNICATION TECHNIQUE USED BY RESPIRO'S HOST IN LIVE STREAMING

Luki Nilasari
213106016 / D3 Bahasa Inggris

  • Dipublikasikan pada 23 Oktober 2024

Abstrak

Live streaming telah menjadi tren signifikan dalam dunia hiburan dan bisnis. Keberhasilan siaran langsung bergantung pada kemampuan host untuk melibatkan penonton. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan menganalisis implementasi teknik komunikasi persuasif yang digunakan oleh host Respiro dalam live streaming e-commerce untuk meningkatkan keterlibatan penonton. Menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini menerapkan metode observasi dan wawancara mendalam. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi rekaman siaran langsung Respiro, serta wawancara dengan pembawa acara dan PIC siaran langsung. Analisis menggunakan kerangka enam teknik komunikasi persuasif: Reward, Association, Obedience/Icing, Integration, Red-herring, dan Fear Generating Techniques. Hasil menunjukkan bahwa semua teknik diterapkan secara efektif. Teknik Reward meningkatkan interaksi penonton hingga dua kali lipat. Association menciptakan relevansi antara produk dan pengalaman sehari-hari. Integration meningkatkan otentisitas pesan. Obedience/Icing memungkinkan fleksibilitas penyampaian informasi. Red-herring efektif mengatasi situasi kurang menguntungkan, sementara Fear Generating menciptakan urgensi pembelian. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa implementasi teknik komunikasi persuasif yang tepat dapat secara signifikan meningkatkan keterlibatan penonton dalam live streaming ecommerce. Temuan ini memberikan wawasan berharga bagi praktisi dan peneliti di bidang komunikasi digital dan pemasaran online. 

Kata kunci : Teknik Komunikasi Persuasif, Live Streaming, Keterlibatan, Audiens.