Selamat Datang di Repository Perpustakaan

Politeknik Negeri Madiun

Detail Tugas Akhir

Dosen Pembimbing

Pembimbing 1
Mr. Muhyiddin Aziz, S.S, M.Pd.
Pembimbing 2
Mr. Muhammad Isa, S.Pd, M.Pd.,

Download File

PROMOTIONAL STRATEGY FOR THE MOONLIGHT STAGE EVENT SENDRATARI ARJUNA WIWAHA PERFORMANCE IN THE TOURISM OFFICE OF BATU CITY

Saskiya Nabela Prastiwi
212106024 / D3 Bahasa Inggris

  • Dipublikasikan pada 24 Oktober 2024

Abstrak

Kota Batu memiliki beragam destinasi dan budaya yang memikat hati para pengunjung. Salah satu contohnya adalah Sendratari Arjuna Wiwaha, sebuah acara budaya yang diadakan secara rutin setiap bulan purnama atau tanggal 15 dalam penanggalan Jawa. Acara ini telah menjadi ikon wisata budaya di Kota Batu. Promosi merupakan hal yang krusial dalam meningkatkan jumlah pengunjung, sehingga diperlukan strategi yang efektif seperti periklanan, hubungan masyarakat, promosi penjualan, dan publisitas. Laporan akhir ini memiliki dua tujuan: untuk mengevaluasi strategi promosi yang diterapkan oleh Dinas Pariwisata Kota Batu dan untuk mengetahui bagaimana Sendratari Arjuna Wiwaha menarik wisatawan ke Kota Batu. Laporan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Laporan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Penulis melakukan observasi dan dokumentasi di Sendratari Arjuna Wiwaha, merekam aktivitas media sosial, dan mewawancarai staf Dinas Pariwisata Kota Batu. Temuan menunjukkan bahwa Sendratari Arjuna Wiwaha menggunakan empat strategi promosi utama: periklanan melalui media online, cetak, dan elektronik, hubungan masyarakat dengan mengadakan kegiatan seni dan kegiatan pendukung penjualan, promosi penjualan melalui media sosial; dan publisitas dengan memperbarui media sosial. Promosi Sendratari Arjuna Wiwaha menghadapi tantangan seperti kontrol kualitas, pengembangan sumber daya manusia, dan manajemen destinasi. 

Keywords: Promotional strategy, sendratari arjuna wiwaha, Tourism.