Selamat Datang di Repository Perpustakaan

Politeknik Negeri Madiun

Detail Tugas Akhir

Dosen Pembimbing

Pembimbing 1
Alief Sutantohadi, S.S., M.Hum.
Pembimbing 2
. Dian Palupi, S.Pd., M.Pd.

Download File

THE IMPLEMENTATION OF 4P MARKETING MIX STRATEGY AT LESUNG KRESEK AS CULINARY TOURISM IN MADIUN REGENCY

SHERLY REGINA RAHAYU
213106078 / D3 Bahasa Inggris

  • Dipublikasikan pada 24 Oktober 2024

Abstrak

Madiun adalah daerah yang memiliki potensi tempat wisata. Lesung Kresek merupakan wisata kuliner perpaduan antara wisata alam dan kuliner dengan tema tradisional jawa. Lesung Kresek menawarkan barbagai produk makanan dan minuman tradisonal jawa. Dengan itu penulis tertarik untuk membahas implementasi bauran pemasaran 4p (Produk, Harga, Tempat dan Promosi) serta factor pendukung dan tidak mendukung. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Lesung Kresek berhasil menciptakan variasi produk Camilan, Makanan utama, Makanan penutup dan Variasi minuman dengan berbagai macam harga yang terjangkau, dengan harga tersebut pelanggan dapat mendapatkan variasi produk yang memiliki kualitas. Lokasi Lesung Kresek memiliki tempat yang strategis dan akses yang mudah dijangkau, selain itu terdapat beberapa fasilitas pendukung lainnya. Promosi yang digunakan Lesung Kresek dengan melalui media online dengan memanfaatkan media sosial dan media offline melalui promosi ke sekolah, kantor dan Perusahaan. Implementasi bauran pemasaran 4p di Lesung Kresek dipengaruhi beberapa factor pendukung dari factor personal pemilik, lingkungan, dan sosial. Selain itu, terdapat factor tidak mendukung pada elemen produk yang memiliki hambatan dalam pengadaan barang bahan baku yang musiman, hambatan pada elemen tempat adalah kurangnya lahan parkir pada hari libur, pada elemen promosi terdapat hambatan tidak terjualnya promosi dan tidak mendapatkan persetujuan dari pemilik.

 Kata Kunci: Bauran Pemasaran 4P, Faktor Pendukung dan Faktor Tidak Mendukung, Lesung Kresek, Wisata Kuliner