Selamat Datang di Repository Perpustakaan

Politeknik Negeri Madiun

Detail Skripsi

Dosen Pembimbing

Pembimbing 1
Sasmito Widi Nugroho, S.E., M.S.A.,
Pembimbing 2
Sugiharto, S.E., M.S.A., Ak., CA., CPA

Download File

PENGARUH PENGETAHUAN PAJAK, KUALITAS PELAYANAN, PEMERIKSAAN PAJAK, DAN OMSET TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK RESTORAN DI KOTA MADIUN

SITI SARAH
203202029 / D4 Akuntansi Perpajakan

  • Dipublikasikan pada 24 Oktober 2024

Abstrak

Potensi penerimaan terbesar Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Madiun berasal dari pajak daerah. Salah satunya adalah Pajak Restoran di Kota Madiun, memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap pendapatan asli daerah. Dalam 5 tahun terakhir Kota Madiun mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Pajak restoran di Kota Madiun diatur dengan Peraturan Daerah Kota Madiun Nomor 25 Tahun 2017 tentang Pajak Daerah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari pengetahuan pajak, kualitas pelayanan, pemeriksaan pajak, dan omset terhadap kepatuhan wajib pajak restoran. Penelitian ini dilakukan di Kota Madiun, menggunakan data primer dengan jumlah responden sebanyak 163 restoran yang tercatat di Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan metode survey eksplanatory dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan yang dilakukan menggunakan metode convenience sampling. Metode analisis pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan analisis linier bergada dalam aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan pajak dan pemeriksaan pajak memiliki pengaruh positif. Sedangkan kualitas pelayanan dan omset memiliki pengaruh negatif. Kemudian seluruh variabel pengetahuan pajak, kualitas pelayanan, pemeriksaan pajak dan omset memiliki pengaruh secara simultan terhadap kepatuhan wajib pajak, dengan masing-masing variabel menunjukkan pengaruh positif atau negatif yang signifikan. 

Kata Kunci: Pengetahuan Pajak, Kualitas Pelayanan, Pemeriksaan Pajak, Omset, Kepatuhan Pajak.