Selamat Datang di Repository Perpustakaan
Politeknik Negeri Madiun
Detail Skripsi
Dosen Pembimbing
Pembimbing 1
Bi Asngali, S.ST., M.T.Pembimbing 2
Mohammad Erik Echsony, S.ST., M.T.Download File
Analisis Variasi Ukuran Katup Celah Radial Pada Magnetorheological Damper Jenis Single Coil
Raul Putra Barada
214308047 / D4 Perkeretaapian- Dipublikasikan pada 14 Oktober 2025
Abstrak
Sistem kendaraan terdapat faktor penting yang harus dipenuhi, yaitu faktor
keamanan dan kenyamanan dari suatu struktur kendaraan. Dalam upaya
meningkatkan kenyamanan dan mengurangi tingkat guncangan, maka diperlukan
suatu komponen peredam, Magnetorheological (MR) Damper merupakan sistem
suspensi semi-aktif, dimana suspensi ini bekerja dengan adanya cairan cerdas
magnetorheological (MR) fluids yang ada didalamnya, dimana dapat dikontrol
viskositasnya. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh variasi
celah radial dan pengaruh adanya arus listrik yang diberikan terhadap gaya
redaman. Pada penelitian ini diterapkan variasi aliran lebar celah radial sebesar 1.5
mm, 2.5 mm, dan 3.5 mm serta dilakukan dengan dua kondisi diberi arus listrik
(On-state) dan kondisi tanpa arus listrik (Off-state). Hasil penelitian ini didapatkan
gaya redaman paling tinggi adalah pada variasi radial 1.5 mm dengan kondisi on-
state sebesar 296.802 N pada simulasi dan 316.59 N pada pengujian kemudian gaya
redaman paling rendah adalah pada variasi radial 3.5 mm dengan kondisi off-state
sebesar 70.561 N pada simulasi dan 84.88 N pada pengujian. Nilai relative error
paling kecil adalah 0.05 (5%) pada variasi radial 2.5 mm dengan kondisi Off-state
sedangkan nilai relative error paling besar adalah 0.17 (17%) pada variasi radial
3.5 mm dengan kondisi On-state.
Kata Kunci: Keamanan, Kenyamanan, Suspensi, Magnetorheological (MR)
Damper, Celah radial