
Selamat Datang di Repository Perpustakaan
Politeknik Negeri Madiun
Detail Tugas Akhir
Dosen Pembimbing
Pembimbing 1
Aminudin Aziz, S.Ag., M.Si.Pembimbing 2
Subiyantoro, S.Sos., M.Si.Download File
PENERAPAN SISTEM REWARD DI BAGIAN ANGKUTAN PENUMPANG PT KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAERAH OPERASI 6 YOGYAKARTA
Olla Grischelda Annedella
213101109 / D3 Administrasi Bisnis- Dipublikasikan pada 22 Oktober 2024
Abstrak
Dalam menunjang kegiatan operasional perusahaan, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 6 Yogyakarta memberikan penilaian kinerja terhadap karyawannya melalui penghargaan dan hukuman (reward and punishment). Pemberian reward tersebut dapat meningkatkan motivasi dan produktivitas kinerja karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan sistem reward di Bagian Angkutan Penumpang PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 6 Yogyakarta. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, yakni penelitian yang menggambarkan fenomena atau permasalahan berdasarkan teori menurut Mahsun. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi dengan tiga informan yang dianggap mengerti dan/ atau terlibat langsung dalam penerapan sistem reward. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem reward di Bagian Angkutan Penumpang telah menerapkan empat indikator yang meliputi kesesuaian tujuan yaitu meningkatkan poroduktivitas kinerja, keadilan yaitu disesuaikan dengan kontribusi yang diberikan kepada karyawan, kemerataan yaitu reward diberikan secara merata pada semua karyawan, dan kebutuhan yaitu fokus pada kebutuhan utama karyawan. Penerapan sistem reward tersebut telah disesuaikan dengan kebijakan perusahaan dalam meningkatkan motivasi dan produktivitas kinerja karyawan.
Kata kunci: reward and punishment system, motivasi, produktivitas