
Selamat Datang di Repository Perpustakaan
Politeknik Negeri Madiun
Detail Tugas Akhir
Dosen Pembimbing
Pembimbing 1
Aminudin Azis, S.Ag., M.Si.Pembimbing 2
Farida Tri Hastuti, S.T., M.M.Download File
PENERAPAN SISTEM REWARD KEPADA KARYAWAN DI PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO), TBK. KANTOR CABANG KOTA MADIUN
Vania Eka Dhewanti
203101071 / D3 Administrasi Bisnis- Dipublikasikan pada 22 Oktober 2024
Abstrak
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Kantor Cabang Madiun memiliki belasan unit dan memberlakukan aturan secara terpusat pada setiap unit kerjanya. Untuk menjaga serta meningkatkan kinerja karyawan maka perusahaan sebaiknya menerapkan sistem reward yang tepat. Penerapan sistem reward yang tepat merupakan bentuk apresiasi perbankan dalam meningkatkan semangat kerja dan pencapaian kinerja karyawan. Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan sistem reward kepada karyawan di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Kantor Cabang Madiun. Metode yang digunakan dalam penulisan tugas akhir ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk memperoleh data-data yang valid. Berdasarkan penelitian di lapangan menunjukan bahwa PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Kantor Cabang Madiun menerapkan sistem reward dengan empat indikator komponen utama. Pertama gaji dan bonus, terdapat perbedaan pemberian gaji dan bonus berdasarkan penilaian kinerja serta tingkat jabatan setiap karyawan. Kedua kesejahteraan, tujuan perusahaan memberikan kesejahteraan sebagai apresiasi perusahaan kepada karyawan yang telah meluangkan kinerjanya. Ketiga pengembangan karir, bertujuan untuk memperdalam knowledge dan job desk karyawan dalam bekerja. Keempat penghargaan psikologis dan sosial, perusahaan memberikan penghargaan berupa promosi jabatan untuk karyawan berprestasi dengan ketentuan dan syarat tertentu, serta memberikan pujian atau pengakuan baik secara lisan maupun tertulis.
Kata Kunci: Reward, Tujuan Reward, Komponen Reward