Selamat Datang di Repository Perpustakaan

Politeknik Negeri Madiun

Detail Tugas Akhir

Dosen Pembimbing

Pembimbing 1
Halleina Rejeki Putri Hartono, S.E., M.Acc., Ak.
Pembimbing 2
Hedi Pandowo, S.E., M.Kom.

Download File

PENENTUAN HARGA JUAL PRODUK MENGGUNAKAN METODE COST PLUS PRICING DENGAN PENDEKATAN FULL COSTING PADA UD RICO NGAWI

ROSIANA ANGGUN TUTI ALAWIYAH
213209107 / D3 Akuntansi

  • Dipublikasikan pada 22 Oktober 2024

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk menentukan harga jual produk menggunakan metode cost plus pricing dengan pendekatan full costing pada UD.Rico Ngawi. Permasalahan yang terjadi pada UD.Rico Ngawi adalah masih menggunakan cara sederhana dalam melakukan perhitungan harga pokok produksi sehingga harga jual yang ditetapkan kurang akurat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan jenis data kuantitatif dan data kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan harga pokok produksi menurut perusahaan hanya memperhitungkan biaya bahan baku langsung, biaya tenaga kerja langsung serta biaya overhead pabrik variabel saja sedangkan perhitungan harga pokok produksi metode full costing memperhitungkan biaya bahan baku langsung, biaya tenaga kerja langsung serta biaya overhead pabrik, baik berperilaku variabel maupun tetap. Penentuan harga jual menggunakan metode cost plus pricing dengan pendekatan full costing memperhitungkan taksiran biaya penuh serta menambahkan persentase keuntungan perusahaan sehingga harga jual dapat menutup seluruh biaya produksi serta memperoleh keuntungan sesuai harapan perusahaan. Harga jual produk keripik tempe UD.Rico Ngawi yang ditentukan dengan metode cost plus pricing untuk kemasan 250 gram sebesar Rp8.412/bungkus sedangkan kemasan 75 gram sebesar Rp2.979/bungkus. 

Kata kunci: Harga Pokok Produksi, Full Costing, Cost Plus Pricing, Harga Jual